MPPL Tugas 2 - RFP (Request For Proposal)


Latar Belakang
Angkutan kota merupakan salah satu sarana untuk bertransportasi. Hanya saja keberadaan angkutan kota ini tidak bisa diandalkan karena beberapa jenis tidak ada jadwal yang mudah diakses dan pengemudi terkadang berhenti di suatu tempat untuk menunggu penumpang. hal ini menyebabkan banyak yang memilih kendaraan pribadi yang dapat berujung menambah kemacetan
Untuk mengatasi masalah ini, langkah yang dapat dilakukan adalah: memonitoring keberadaan angkutan kota dengan gps, menjadwal angkutan kota dan diintegrasikan dengan aplikasi yang akan diluncurkan ke masyarakat
Deskripsi Produk
Angkot Monitor merupakan aplikasi bagi masyarakat untuk memudahkan perencanaan bepergian menggunakan angkutan kota. Dengan aplikasi ini pengguna dapat melihat status angkutan yang akan berangkat maupun sudah berangkat serta melacak lokasinya. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk feedback masyarakat terhadap layanan transportasi angkutan kota, serta memonitoring kinerja angkutan kota di suatu daerah.
Detail Kebutuhan Bisnis
Tujuan Bisnis
·         Menciptakan sistem informasi yang mampu mengatasi masalah kelebihan kurang dapat diandalkannya angkutan kota.
·         Menyediakan tempat pemberian kritik dan saran yang dengan mudah digunakan masyarakat
Fitur pada Produk
·         Melihat lokasi angkutan kota yang berada di luar terminal
·         Melihat Status (jam berangkat, diam/berjalan, informasi kendaraan, informasi pengemudi) pada angkutan kota yang sudah diberangkatkan maupun belum
·         Memberikan tempat untuk pemberian feedback bagi penumpang
·         Penumpang dapat melaporkan kejanggalan (keluar dari rute, diam terlalu lama) ketika sedang menumpang
Format Proposal
Tidak ada aturan khusus untuk menyusun dokumen spesifikasi teknis, meskipun begitu kontraktor / mitra pengembang / vendor sangat dianjurkan untuk menyusun dokumen tersebut dengan struktur minimal sebagai berikut:
1.   Judul dokumen, versi / revisi, tanggal keluar, disclaimer, proprietary notice
2.   Daftar isi
3.   Daftar istilah / singkatan yang dipergunakan dalam dokumen tersebut
4.   Daftar gambar / tabel
5.   Pendahuluan 

a.   Ulasan umum tentang sistem aplikasi
b.   Konsep solusi
c.    Konsep rancang bangun
d.   Konsep security
6.   Referensi

a.   Peraturan dan perundang-undangan
b.   Textbook
c.    Internet site
7.   Sistem overview

a.   Deskripsi fungsi sistem
b.   Arsitektur dan platform
8.   Spesifikasi umum

a.   Fungsional
b.   Antarmuka (interface)
c.    Basis Data
d.   Adaptive (user preference setting)
9.   Spesifikasi khusus

a.   Reliability
b.   Interoperability
c.    Scalability
d.   Flexibility / Integrateability
e.   User Friendlines
10.                Informasi lainnya

a.   Jaminan operasional
b.   Dukungan teknis
c.    Pelatihan
d.   Pemeliharaan
11.                Penutup 
Timeline
No
Aktifitas
Tanggal
1.
Pembuatan RFP
25-26 Februari 2019
2.
Pengiriman RFP
26 Februai 2019
3.
Jangka waktu untuk
mengajukan pertanyaan
27 Februari – 15 Maret 2019
4.
Deadline pengumpulan
Proposal
16 Maret 2019
5.
Periode Seleksi
16 – 20 Maret 2019
6.
Pengumuman hasil seleksi
22 Maret 2019
Kriteria Seleksi
Untuk memberikan hasil evaluasi yang adil atas setiap tanggapan yang diterima dari setiap kontraktor / mitra pengembang / vendor atas RFP ini, maka dipandang perlu untuk dilakukan penyeragaman tanggapan yang didasari atas beberapa kriteria sebagai berikut:
·         Biaya Proyek Kompetitif
·         Desain Aplikasi yang Inovatif
·         Pengalokasian Sumber Daya Manusia
·         Kredibilitas pengirim
Anggaran Biaya
Harga Perkiraan Sendiri (HPS) atau anggaran pada kegiatan ini sebesar Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah), belum termasuk PPn
Contact Person
Dhafa Hikmawan : 085853891701 (dhafa16@mhs.if.its.ac.id)
Penyampaian Penawaran dan Batas Waktu
1.   Proposal , Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan dokumen pendukung lainnya dapat disampaikan paling lambat :
a.   Hari, Tanggal : Sabtu, 16 Maret 2019
b.   Pukul : 20.00 WIB
c.    Proposal dan RAB dikirim melalui email : nawamkihafahd@gmail.com dengan subjek e-mail Proposal_Angkot_Monitor_NamaPerusahaan
Contoh : Proposal_Angkot_Monitor_ABCCorp
2.   Dokumen yang dikirim dalam bentuk softcopy (.pdf), untuk dokumen asli disimpan oleh penyedia dan akan diperiksa / pembuktian kualifikasi oleh tim.
3.   Masa berlaku proposal / penawaran selama 60 (enam puluh) hari kalender sejak batas akhir waktu pemasukan penawaran.
4.   Hasil lembaga yang terpilh untuk pekerjaan ini nantinya akan diumumkan melalui dhafah16.blogspot.com



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Study Case: ATM Machine